Hicking

oleh : Ludger S



Sekilas perbedaan hiking dan trekking yaitu hiking atau dalam bahasa pendakian merupakan kegiatan di luar ruangan dengan berjalan kaki di lingkungan alam yang mana jalur yang akan dilewati telah terpetakan atau disebut rute pendakian. Ada pendakian pada siang hari dan pendakian malam hari. Ilmu pramuka waktu SMP jadi terbawa hahaahaha
Sedangkan trekking adalah sebuah perjalanan yang panjang, dilakukan dengan berjalan kaki. Kegiatan ini biasanya mengambil tempat atau daerah di mana tidak ada sarana transportasi yang tersedia. Medan trekking tidak hanya daerahn pegunungan, berjalan kaki dalam waktu beberapa hari pada jalur yang belum terpetakan dan lingkungan yang menantang seperti perbukitan atau pegunungan. 
Melihat defenisi singkat hiking dan trekking diatas, banyak daerah di Nusantara memiliki tempat yang bisa kita hiking dan trekking. Di desa Wologai Tengah pun mempunyai hiking dan trekking. 

Hiking di Wologai Tengah
Bagi yang suka berpetualangan dengan berjalan kaki, dengan jalur yang sudah di tentukan anda bisa menjelajah beberapa tempat diseputaran kampung adat Wologai. 

Muru Kune
Ketika anda berada di kampung ada Wologai letak Muru Kune berada di bagian utara kampung. Dari kejuahan sudah terlihat sebuah tebing tinggi dibawah kaki gunung Lepembusu. Muru Kune merupakan mata air utama yang mengalir sampai ke Ende. Sepanjang tahun air tetap mengaliri sungai sampai ke Ende.

Logoweki 

Baca 👉 Logoweki 

Lowo Po’o
Lowo artinya sungai, Po’o artinya memasak nasi dari bambu. Lowo Po’o adalah sebuah tempat seremonial adat Po’o Are, dipinggir sungai. 


Poke Gaku Watu Doa, Tiwu Fai Kaki, Gomo Wulu, Lia Lela Nggewa, Lia Meo, Muru Logo Leta, Muru Lowo Sobe, Kolo Kamba dan beberapa tempat lainnya. Tempat – tempat yang masih sangat natural. 



Sudah dulu ya....detilnya nanti setelah anda berada di kampung ada Wologai.

#wologai
#budayawologai
#ludgerwologai
#puskesmaspeibenga

No comments:

Post a Comment

About Me

My photo
Saya orang desa, tepatnya di kampung Wologai. Kita Indonesia dengan kekhasan masing - masing daerah. Bangga menjadi Indonesia dengan kebhinekaannya.

Wologai

Tentang Tanggungjawab
Wuwu leka ola suU, wara leka ola wangga. SuU maE sele wuwu, wangga maE mbenga wara
Di Ende Lio ada kebudayaan Wologai
Budaya Wologai, bertahan diera kemajuan zaman "Modern".

Total Pageviews

Popular

Label

About (32) Abouth (1) Batra (1) Beranda (50) Berita (66) Bhisa Mali (1) Cerita Rakyat (1) Contact (32) Home (63) Logoweki (5) Nduaria (1) Opini (60) Paket Wisata (47) Ruu Rawi (1) Wisata Alam (55)

Recent Posts

Unordered List

  • Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit.
  • Aliquam tincidunt mauris eu risus.
  • Vestibulum auctor dapibus neque.