Peibenga



Peibenga merupakan sebuah kampung adat yang terletak di desa Nggumbelaka, Kecamatan Lepembusu Kelisoke. Nggumbelaka adalah salah satu desa yang merupakan hasil pemekaran dari Desa Wologai pada tahun 1995. Hasil pemekaran ini selanjutnya pada tahun 1996 sampai dengan tahun 1997 menjadi Desa Persiapan dengan Kepala Desa Persiapan yaitu  Alm bapak Hendrikus Rega Babo yang juga merupakan salah satu mosalaki setempat. Pada bulan Mei tahun 1997 Desa Nggumbelaka didefenitif dengan Kepala Desanya tetap pada kepala desa persiapan.  Pada  tanggal 25 September 2010, Desa Nggumbelaka dengan resminya pemekaran kecamatan baru Lepembusu Kelisoke hasil merger dari beberapa kecamatan tetangga Peibenga resmi  menjadi ibu kota Kecamatan.

Baca juga : Mukureku 

Sama seperti Mukureku, Peibenga juga berasal dari kampung adat Wologai yang berhijrah karena sesuatu pesanan dari orang tua di Wologai. Adat istiadat yang dilaksanakan di Peibenga merupakan sebagian seremonial adat dari Wologai. Sama halnya dengan Mukureku, selain dari kampung Wologai, semua kampung - kampung yang berasal dari Wologai belum memiliki Tubu, Keda, Kanga. Yang ada, Seka, Lodonda dan Kuwu.


Jarak tempuh dari Wologai ke Peibenga kira - kira 10 KM dengan waktu tempuh paling lambat 20 menit. Sepanjang perjalan menuju Peibenga, anda akan disuguhkan dengan pemandangan alam yang sangat memanjakan mata. Anda bisa lihat puncak Kelimutu dari sisi utara. 

Selain wisata budaya, karena Peibenga merupakan daerah ketinggian yang berkisar 1000 - 1200 dpl, pilihan lain adalah view alam yang sangat menawan. Ada beberapa embung desa yang bisa anda kunjungi. So ... bagi yang hobi memancing, pasti seru tuh. Salah satu wisata alam lainnya adalah "Muru Dhe Kale" (air terjun Dhe Kale) yang berjarak 200-an meter dari kampung adat Peibenga. 

No comments:

Post a Comment

About Me

My photo
Saya orang desa, tepatnya di kampung Wologai. Kita Indonesia dengan kekhasan masing - masing daerah. Bangga menjadi Indonesia dengan kebhinekaannya.

Wologai

Tentang Tanggungjawab
Wuwu leka ola suU, wara leka ola wangga. SuU maE sele wuwu, wangga maE mbenga wara
Di Ende Lio ada kebudayaan Wologai
Budaya Wologai, bertahan diera kemajuan zaman "Modern".

Total Pageviews

Popular

Label

About (32) Abouth (1) Batra (1) Beranda (50) Berita (66) Bhisa Mali (1) Cerita Rakyat (1) Contact (32) Home (63) Logoweki (5) Nduaria (1) Opini (60) Paket Wisata (47) Ruu Rawi (1) Wisata Alam (55)

Recent Posts

Unordered List

  • Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit.
  • Aliquam tincidunt mauris eu risus.
  • Vestibulum auctor dapibus neque.