Mukureku


Beberapa dekade yang lalu, Mukureku merupakan bagian dari desa Wologai yang mekar menjadi desa Mukureku. Desa yang dulu menjadi satu kesatuan dengan Wologai; Wologai Timur, Wologai Tengah, Mukureku, Nggumbelaka, Nuaone, Mukureku Sa Ate. Sangat luas memang. Perhatian Pemerintah Pusat dan Daerah untuk mendekatkan pelayan ke masyarakat memekarkan Wologai menjadi beberapa desa. 


Mukureku mempunyai wilayah yang cukup luas sebelum mekarnya desa Mukureku Sa Ate. Kampung Detuelu, Rewu Suja, Nuabaru sampai ke kampung Balelamba menjadi wilayah desa Mukureku. Pusat ibukota desa berada di Mukureku yang juga terletak kampung adat Mukureku. 
Secara ulayat adat, dua desa yakni Mukureku dan Mukureku Sa Ate merupakan bagian kekuasaan adat Mukureku.


Sebagian seremonial adat yang ada di Wologai, ada di Mukureku. Warisan sejarah menjelaskan bahwa orang Mukureku berasal dari Wologai yang berhijrah untuk sesuatu tujuan. Lebih detil anda bisa berkunjung ke Mukureku dan diskusikan ke pemangku adat (mosalaki) setempat. 
Jarak tempuh dari Wologai ke Mukureku kira - kira 15 KM dengan waktu tempuh paling lama 30 menit. Bisa diakses dengan kendaraan roda dua maupun roda empat. 


Selain wisata budaya, Mukureku menawarkan wisata alam lainnya. Ada bukit - bukit view yang sangat indah. Ada puncak gunung Lepembusu yang bisa melihat luasnya flores dipagi hari dan cuacanya lagi cerah. Ada tempat - tempat khusus yang ditumbuhi pepohonan "turu wara" yang sama seperti di danau Kelimutu. 


No comments:

Post a Comment

About Me

My photo
Saya orang desa, tepatnya di kampung Wologai. Kita Indonesia dengan kekhasan masing - masing daerah. Bangga menjadi Indonesia dengan kebhinekaannya.

Wologai

Tentang Tanggungjawab
Wuwu leka ola suU, wara leka ola wangga. SuU maE sele wuwu, wangga maE mbenga wara
Di Ende Lio ada kebudayaan Wologai
Budaya Wologai, bertahan diera kemajuan zaman "Modern".

Total Pageviews

Popular

Label

About (32) Abouth (1) Batra (1) Beranda (50) Berita (66) Bhisa Mali (1) Cerita Rakyat (1) Contact (32) Home (63) Logoweki (5) Nduaria (1) Opini (60) Paket Wisata (47) Ruu Rawi (1) Wisata Alam (55)

Recent Posts

Unordered List

  • Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit.
  • Aliquam tincidunt mauris eu risus.
  • Vestibulum auctor dapibus neque.